13 Januari 2011

QIAN FO SHAN MOUNTAIN GUNUNG SERIBU BUDHA


12.58 |

SEJARAH DAN LOKASI
Gunung Qian Fo Shan atau yang biasa disebut Gunung Seribu-Budha berada sekitar 2,5 kilometer (1,55 mil) di selatan Jinan, Provinsi Shandong. Pegunungan Seribu-Buddha adalah salah satu tempat yang menarik di kota Jinan. Luasnya sekitar 258 meter (846 kaki) mulai dari timur ke barat. Tempat ini telah difungsikan menjadi taman wisata sejak tahun 1959 yang menempati luas sekitar 166 hektar lahan gunung. Gunung Seribu-Budha disebut Gunung Li pada zaman Dinasti kuno. Namun, pada awal Dinasti Sui (581-618) banyak sekali patung Buddha yang dipahat di atas batu gunung tersebut, sehingga gunung ini menjadi terkenal, kemudian nama gunung ini berubah nama menjadi Gunung Seribu-Budha. Ada banyak tempat indah bekas peninggalan sejarah yang terdapat di gunung ini. Kita dapat menikmati pemandangan yang indah sepanjang jalan, baik dengan berjalan kaki atau dengan bus.



 
KUIL XINGGUO
Sementara itu, Kuil Seribu-Buddha yang letaknya bersandar pada tebing di bagian selatan ganti nama menjadi kuil Xingguo setelah reparasi selama Dinasti Tang (618M-907M). Kuil ini terletak di setengah jalan gunung. Di kuil ini terdapat macam patung dan tempat yang unik di antaranya, Baodian Daxiong, Kwan-yin Hall, The Buddha Laughing Hall dan Duihua Kiosk. Empat ukiran patung yang terdapat di tebing barat daya kuil adalah batu prasasti bagi kota Jinan. Di sebelah timur kuil terdapat situs The Courtyard Lishan, dimana tempat Taoisme dan Buddha menyelaraskan satu sama lain dalam satu halaman, Kuil Shun, Candi Luban, Paviliun Wenchang dan Kios Yilan dapat ditemukan di dalamnya. Lebih dari 130 statues Buddha yang berjenggot diukir dalam Dinasti Sui di sisi selatan gunung. Lalu di tebing terdapat empat goa, yaitu Goa Longquan, Goa Jile, Goa Qianlou dan Goa lvzu.



GOA WANFO
Goa Wanfo panjangnya sekitar 500 meter, dibangun di sisi utara gunung dan menjadi tempat yang menarik dari empat goa-goa yang terkenal di Cina (Goa Mogao, Goa Grottoes Longmen dan Goa Maiji). menurut mitos cerita yang di ceritakan oleh pemahat patung terdapat 23.000 buah patung Buddha, Bodhisattva, Murid Budha dan Guardian Kings, saat Dinasti Wei (386M-534M), Dinasti Tang dan Dinasti Song (960M-1279M).



Gunung Seribu-Buddha tercatat sebagai salah satu tujuh tempat terindah di Provinsi Shandong Sejak tahun 1995. Upaya besar telah dilakukan untuk menambahkan banyak tempat indah di sekitar gunung. seperti kolam pemandian, taman, kebun dll dalam beberapa tahun terakhir.


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar