19 Januari 2011

Ternyata, Paspor Gayus dibikin oleh agen CIA dan atas sepengetahuan Satgas Pemberantasan Mafia Hukum.


19.20 |

 
Gayus Tambunan buka-bukaan mengenai kasus paspor palsunya. Dia mengungkapkan bahwa paspor palsu yang dimilikinya dibuat oleh John Jerome Grice yang merupakan agen CIA.

"John Grice adalah agen CIA dan diketahui oleh Satgas," kata Gayus usai sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Rabu 19 Januari 2011.

Pengacara Gayus, Adnan Buyung Nasution, mengungkapkan bahwa pemberian paspor itu untuk membentuk opini publik bahwa Gayus adalah orang jahat. "Ini hanya untuk bentuk opini Gayus adalah orang jahat," ujar Buyung.

Nama John Grice tersebut muncul dari pihak kepolisian. Polisi menduga John yang warga negara Amerika Serikat itu sebagai otak pembuatan paspor atas nama Sony Laksono. John saat ini buron.

Paspor atas nama Sony Laksono itu digunakan Gayus untuk bepergian ke Hongkong, China, Singapura, dan Malaysia.

Selain paspor Sony Laksono, polisi juga menduga John berada di balik pembuatan paspor Guyana atas nama Yosep Moris. Paspor dengan foto mirip Gayus Tambunan itu tercatat orang mirip Gayus itu terlahir pada 9 Mei 1979. Paspor bernomor 1209595 itu berlaku dari 23 Juli 2007 sampai 22 Juli 2012.

Tak hanya paspor mirip Gayus, penyidik Polri juga menemukan paspor asing dari negara Guyana dengan foto mirip istri Gayus, Milana Anggraeini. Paspor mirip Milana itu atas nama Ann Morris dengan nomor paspor 1209191. Orang yang mirip Milana itu tercatat lahir pada 6 Februari 1979, dan paspor itu berlaku mulai 18 Juli 2007.

Polri menduga, paspor ini dibuat setelah paspor Gayus atas nama Sony Laksono yang digunakan Gayus bepergian ke beberapa negara. Jika paspor Sony Laksono dibuat antara Juni sampai Juli 2010, Paspor atas nama Yosep Morris ini dibuan antara Juli hingga Agustus 2010. Atas paspor itu, Polri juga telah mengkonfirmasi ke Kedutaan Guyana yang berada di Jakarta.

Denny Indrayana, Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, maupun Mas Achmad Santosa, Anggota Satgas Pemberantasan Mafia Hukum, belum bisa dikonfirmasi soal tudingan Gayus tersebut. Mereka tidak mengangkat telepon genggamnya dan tidak membalas pesan pendik yang dikirim .
 


You Might Also Like :


0 komentar:

Posting Komentar